Image by Febz - Edit Image Aplikasi Android: Sistem Hukum dan Peradilan Nasional | Shattered Stories ~ Shattered Stories

Pages

Rabu, 26 Maret 2014

Aplikasi Android: Sistem Hukum dan Peradilan Nasional | Shattered Stories

1 Pengenalan aplikasi
Aplikasi yang saya buat adalah aplikasi Android sederhana bersistem RSS Feed. Aplikasi ini berisi materi-materi mengenai bab yang saya pilih yang dapat user ketahui dengan hanya melihat judul aplikasi. Aplikasi ini berjudul “Sistem Hukum dan Peradilan Nasional”. Aplikasi ini hanya berberat 2.8 Megabyte. Hal ini dapat terbilang sangat ringan untuk sebuah aplikasi. Aplikasi ini adalah updated-application yang berarti kontennya dapat terupdate dan harus menyambung ke internet untuk mendapatkan materi. Aplikasi ini dapat dikatakan lebih efisien daripada hanya mencari data di web karena aplikasi ini menampung materi-materi rangkuman dari berbagai sumber. Aplikasi tersebut secara rinci bernama “Sistem Hukum dan Peradilan Nasional 2.1” karena telah berkali kali mengalami beberapa kali perbaikan dari sistem dan konten.

2 Isi dari aplikasi
                Aplikasi  “Sistem Hukum dan Peradilan Nasional 2.1” ini terdiri dari berbagia komponen materi ini dan materi tambahan yang dibuat berdasarkan isi dari kuisioner dan pertanyaan online. Komponen tersebut adalah:
1.       Materi
Materi mencakup materi inti yang sudah ada, isi dari materi inti adalah berbagai rangkuman materi yang sudah dipermudah dengan memberi tanda pada bagian penting. Untuk UUD, saya pun memberikan warna teks berbeda pada UUD sebelum amandemen dan sesudah amandemen. Berikut isi dari materi pada aplikasi:
a.       Sistem hukum
b.      Lembaga peradilan
c.       Sikap dan sanksi
d.      UUD
2.       Materi tambahan
Materi tambahan terdiri dari materi diluar materi inti tetapi masih dapat berhubungan. Materi  tambahan dalah materi hasil dari kuisioner dan pertanyaan online. Bagian dari materi-materi ini adalah:
a.       Fact and FAQ
b.      Cara menjadi warga negara yang baik
c.       Tips-tips belajar
d.      Contoh penerapan Hukum
e.      Fakta negara Indonesia





3 Feature setting aplikasi
                Aplikasi  tidak akan menarik dan terhitung akan menyulitkan bila tidak didukung dengan feature yang mendukung. Aplikasi “Sistem Hukum dan Peradilan Nasional 2.1” ini memiliki beberapa feature untuk mempermudah usernya dalam menggunakan aplikasi. Inilah feature dari aplikasi saya.
1.       Download
Download adalah feature file dimana bila anda mendownload sesuatu dari aplikasi, file tersebut akan tersimpan pada tab download. Tab ini menjadi shortcut sehingga pengguna tidak perlu susah-susah mencari file yang telah disimpan.
2.       Sync Now
Sync now adalah feature untuk merefresh aplikasi dan menupdate aplikasi bila ada materi baru yang belum tersimpan di dalam materi aplikasi.
3.       Switch Theme
Switch theme adalah feature untuk mengubah warna tema aplikasi menjadi gelap atau terang sesuai keinginan pengguna agar aplikasi lebih nyaman untuk digunakan.
4.       Settings
Setting terdiri dari beberapa setting general untuk pengguna agar bisa menyesuaikan pengaturan aplikasi agar lebih baik bagi pengguna.
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Image by Febz - Edit Image