Pages

Jumat, 14 Oktober 2011

Angkot | Shattered Stories


Naik angkot bukan hal asing bagi gue. Gue emang sering banget naik angkot, ke sekolah, (pas jaman gue lagi cupu-cupunya gitu) kalo di hitung, pasti ga akan kehitung!  Nah! Disini gue punya beberapa pengalaman yang bisa dibilang seru dang a menarik. Ya soalnya gue sekarang udah agak jarang naik angkotlah! Waktu dulu, gue lagi di sekitar jalan kota cimahi, nah! Pas itu gue duduk, biasa-biasa aja, ga ada feeling apa-apa! Nah, ditengah perjalanan, gue dikagetin! Pas gue nengok ke belakang, ada binatang nempel! Gue langsung kaget dan reflex gue loncat dari kursi penumpang. Pas ittu, gue diliatin sama penumpang lain! Yah, emang sih angkot itu ga penuh, tapi lumayanlah ada 4-5 orangan yang ada di angko itu selain gue. Abis kelakuan idiot gue tadi, gue diketawain sama orang-orang itu, gue lantas malu dan ga sengaja bilang kiri. Terus gue turun dan langsung aja ninggalin si angkot. Tenyata angkotnya mundur lagi, gue sempet bingung, taunya dia nagih uang soalnya gue belum bayar! Lah?
Angkot emang bener-bener nyusahin, apalagi penumpangnya! Gila! Penumpangnya Random banget! Mulai  dari bapak-bapak yang ga mau geser, anak-anak SMA yang ngobrol keras-keras, Ibu-ibu yang suka bawa banyak barang dari pasar, dan gue paling ga suka kalo ada ibu-ibu yang bawa anak TK. Kenapa? Gini nih! Kalo mau naik angkot, pasti anaknya duluan yang dinaikin anaknya duluan. Udah masuk angkot, tuh anak diem aja ngeliatin penumpang yang lain sambil melotot kaya orang bloon. Gue disini ngerasa ga enak banget! Serasa kaya lagi di sidang sama hakim yang ga waras. Nah, setelah si ibunya masuk, itu anak pasti gam au dipangku sama si ibunya. Si anak nangis-nangis ga karuan. Ya, terpaksa deh, gue yang waktu itu kebetulan ada disamping si ibu, harus geser walaupun tuh angkot udah sempit banget.
Karena si anak ngerasa kesempitan sama ga enak, dia akhirnya mau dipangku, tapi, anak itu tetep nyebelin! Dia ngeliatin gue yang lagi seru-serunya main hp! Gue yang waktu itu sadar ada hawa yang ga enak dari samping gue langsung ngeliat tuh anak, ya ternyata bener! Tuh anak ngeliatin hp gue, kaya  yang ngerti aja! Padahal otaknya paling juga 1/100 otak gue. Jadi alias gue 100 kali lebih pinter dari anak itu.
Tapi, ini mungkin emang nasib gue untuk bertemu semacam hal-hal mistis yang ngebuat gue galau! Tapi jangan salah, emang gue itu termasuk orang yang jarang curhat ke orang lain, dan katanya orang yang jarang curhat tuh bisa gampang gila. Di masalah ini, gue bukan salah satunya. Walaupun jarang, gue masih tetep bisa enjoy hidup gue. Ga pernah tuh gue ngelakuin percobaan bunuh diri.
Naik angkot udah kaya kebiasaan buat gue, tapi gue paling gam au duduk dipojok, soalnya pengap, enakan duduk disebelah supir, bisa nyender, dan kadang-kadang gue ga harus duduk berdua di situ, lebih nikmat. Tapi masalahnya, kalo tiba-tiba angkotnya ngerem mendadak, gue susah buat nyelamatin diri, secara, kalo gue duduk disitu, didepan gue langsung kaca, dan kalo gue duduk di kursi penumpang belakang, tiba-tiba si supir ngerem mendadak, gue kan masih ngerasain empuk-empuk gara-gara gue kena badan orang lain. Semakin gendut orangnya, gue ngerasa makin ga sakit. Jadi untung-untungan gitu!
            Alasan kadang-kadang gue suka naik angkot adalah gue ga harus mikirin ongkos buat parkir, misalnya gue ke sebuah mall pake mobil, terus di mall itu biaya parkir 1 jam pertama RP 4000. Jam-jam selanjutnya 3000. Di mall itu, gue cari-cari baju, makan, ke wc, beli jajanan, dan  lain-lain. Nah, itu ga mungkin Cuma ngabisin waktu sejam, makan aja biasanya lama nunggu ngantrinya, nyari tempat duduknya, terus lama nungguin chefnya masak, mending kalo makanannya enak, kalo enek, makin lama gue butuh  waktu buat makannya. Terus nyari baju, gue termasuk orang yang suka milih-milih, jadi lama banget buat gue nentuin bajunya. Misalnya paling minimal ngelain semua yang tadi adalah 2 jam setengah. Jadi, biaya parkirnya itu 10.000, mahal kan? Mending naik angkot. Itu ceritaku! Apa ceritamu? Angkot story.
            Gue punya trik tersendiri biar bisa murah naik angkot. Mau tau ga? Kalo iya, baca aja tips-tips gue dibawah ini:
1.      Kalo pagi-pagi, siapin uang yang lumayan gede lah! Ya! Minimal 20.000, tapi kadang-kadang 10.000 juga bisa. Terus kasih ke supir angkot. Nah si supir itu pasti nanya, “ada yang lebih kecil ga?” terus lo bilang aja ga
2.      Untuk kalian yang masih pake seragam , naik ke angkot yang penuh, tapi pastiin diangkot itu penuh. Cuma nyisain satu atau dua tempat duduk lagi.  Pastiin juga kalo di situ ada murid yang seragamnya sama, misalnya anak SMA sama SMA lagi, atau SMP sama SMP lagi. Dengan ini, lo bisa bayar angkot sampe setengah harga
3.      Hindari supir angkot garang! Apalagi kalo lu itu termasuk anak yang cupu. Karena mereka kadang-kadang suka nagih walaupun lo sebenernya udah bayar uang pas.
4.      Trik ini emang jarang banget digunain soalnya Cuma beberapa supir angkot yang kaya gini, ini trik kebalikan dari trik pertama. Ada orang lain yang punya uang besar, jadi si supir angkot minta ke penumpang yang lain bayar didepan, nah. Kita bayar aja setengah harga, si supir pasti ga bakal ngeliat perbedaan setengah harganya.
5.      Kalo ini kebalikan dari yang kedua. Tapi ini nyobain keberuntungan. Pertama naik ke angkot yang kosong. Terus, berdoalah semoga angkot itu tetep kosong, jangan sekali-kali mikirin angkot itu jadi ada penumpangnya satupun. Setengah perjalanan, biasanya si supir jadi galau. Terus dia nyuruh buat pindah angkot! Asik kan? Jadi kalian bisa bayar setengah harga soalnya jarak yang ditempuh juga lebih pendek
6.      Yang ini, kita harus manfaatin perasaan galau kalo ga rasa sakit giginya si supir. Kita setel music keras-keras biar si supir marah. Udah gini, supir yang kehilangan lesabaran nyuruh kita keluar dari angkotnya. Tentu saja gratis. Tapi di trik yang ini, kita harus pura-pura marah (actually, gue pernah ga sengaja ngebuat marah supir yang lagi sakit gigi.)
Nah, gimana? Ada yang mau nyoba? Silahkan aja! Yang penting, lo harus punya keberanian untuk nyoba trik-trik ini. Untuk kalian yang masih polos, ingat! Jangan coba-coba!
      Kadang-kadang supir angkot suka nyebelin. Gue ngalamin kejadian nyebelin ini pas SMP kelas 2, pas waktu gue masih sering-seringnya bawa uang besar. Waktu itu gue ngasih 5000 ke supir angkotnya. Terus si supir angkot cuma ngasih kembalian 1000 coba, ngeselin bangetkan! Gue kan maish pake seragam SMP waktu itu! Kenapa gue harus ngasih 5000 coba? Terus kenapa si supir angkot cuma ngasih 1000? Woy! Waktu itu gue pake seragam SMP! Si supirnya tamak banget sih! Udah tau gue waktu itu gue masih anak-anak! Ya, tapi mestinya si supir kasih harga yang impas dong?
       Waktu gue nulis ini juga, ge tiba-tiba jadi keingetan dan marah-marah sendiri. Coba aja waktu itu gue bayarnya 2000, ga akan jadi kaya gini kan? Ah sial! Pengen rasanya ngulang waktu lagi biar bisa milih angkot yang lebih baik. Tapi, emang sih gue juga pernah ngedapetin angkot yang baik banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar