Pages

Jumat, 14 Oktober 2011

Bioskop | Shattered Stories

Bioskop emang bukan tempat favorit gue, tapi gue tetep aja sering kesini! Sekarang masalah film yang ditonton, kalo kata gue, film yang paling bagus buat ditonton sendiri adalah film sedih, soalnya gue suka malu kalo lagi nangis diliatin sama orang yang gue kenal, ga enak! Nah, ada kejadian yang ngebuat gue pengen nonton film sedih sendiri, waktu itu gue nonton film bareng temen-temen gue. Filmnya termasuk film yang sedih banget. Pas moment sedih pertama gue pengen nangis pas hamper aja nangis, gue diketawain sama mereka. Sama dengan moment-moment sedih selanjutnya. Gue jadi ga bias ngehayatin tuh film.  Nah! Pas moment sedih terakhir, gue ga bias nahan air mata. Tiba-tiba mereka moto gue! emang sih, waktu itu biskop agak terang soalnya filmnya lagi adegan pas siang hari. Jadi agagk-agak terang gitu, apalagi gue duduknya di L, jadi mereka ga usah pake blitx. Mampus deh gue! Gue tkut kalo fotonya disebarin harga diri gue bias hancur! Gue bakal dipermaluin! Sial! Sial! Ya tuhan, gimana nih? Waktu itu gue bener-bener galau! Mikirin mau disimpen dimana muka gue? Aduh! Gila! Ini bener-bener gila!
Waktu sudah berlalu, untung aja waktu itu foto gue cuma disimpen. Kalo ga gawat nih! Temen-temen gue emang jail sih! Nah, kalo film sedih kan enaknya ditonton sendiri, kalo film serem, paling anti buat ditonton sendriri, apalagi kalo nontonnya malem-malem, kebayangkan? Kalo kita naik mobil atau motor sendiri, mending sih kalo dijaan kita tenang, tapi kalo dijalan kita ketakutan, terus mikir yang enggak-enggak, bisa terjadi sesuatu yang gawat nih! Gue ga tega kalo ngebayanginnya. Misalnya nih, malem-malem kita naim mobil, tiba-tiba kita kepikiran sama film yang kita nonton tadi! Jadi kita ngedenger suara-suara aneh, alhasil, kita ga konsentrasi pas nyetir, dan bias terjadi kecelakaan berbahaya. Itu kalo di kendaraan, kalo dirumah gimana? Jawabanya pasti gini, ga berani masuk wc malem-malem, takut ada sesuatu dibawah kasur, di belakang pintu, tiba-tiba kita ketakutan sendiri terus sembunyi dibalik selimut.
Di bioskop emang banyak jenis film, gue sering banget ngeliat film-film horror indonsia, kayanya kalo dibandingin sama film horror luar negeri, ratingnya beda jauh deh! Gue juga film romantic di Indonesia, apalagi kalo nontonnya sama pacar, peluk-peluk, terus ngebayangin, gimana ya kalo aku sama dia kaya film itu, pasti romantic banget ya! cuman, gue ga bisa ngebayangin gimana gue dan pacar gue ngadepin rintangan yang kaya gitu, kayanya susah ya? Ga segampang di TV atau film… Uh sial! Hidup gue emang ga sebagus di film!
Emang, kalo nonton di bioskop, pasti gue ga pernah lupa buat beli snack, ya biasa gitu, anak muda, emang snack ga cocok buat orang yang tua, apalagi kalo snancknya manis! Ga baik itu! Ya sebenernya emang baik jug abuat kita-kita, tapi remaja kan emang suka nakal… jadi kesenangan nomer 1, yang lainnya nomer 2. Gue paling sebel kalo gue salah pilih minuman, waktu  itu gue malah milih moccacino  milkshake, padahal kalo buat popcorn lebih mendingan  yang seger dang a kenyal-kenyal gitu. Apalagi kalo filmnya itu menayangkan hal-hal yang ngebuat haus! Duh! Gue kan jadi pengen minum air yang seger! Argh! Kenapa harus gitu sih?
Cuy, gue emang ga bisa disebut raja film, soalnya gue ga punya semua film-film terkenal, soalnya emang gue bukan orang kaya, lagian gue ga bisa ke bioskop tiap hari. Soalnya gue juga punya rutinitas yang lumayan pentinglah buat diri gue. Jadi gue harus ngerelain waktu gue untuk santai kaya begituan. Hmmm… Aneh ya! Gue suka mirikin nih! Banyak orang yang pengen duduk ditempat paling belakang, padahal kata gue, kalo kita duduk disitu, layarnyajadi keliatan kecil! Jadi, gue ngerasa rugi. Tapi anehnya, gue gam au juga terlalu depan soalnya itu bikin mata gue sakit. Lagian ga semua gambarnya keliatan. Dan itu ngebuat gue ga enak. Buat gue, bangku  yang stategis yang ada ditengah-tengah, soalnya disini gue bisa ngeliat keadaan sekitar gue, mungkin aja ada yang lagi butuh gue disana. Kalo gue milih bangku, gue bakal milih bangku yang disebelahnya ga kosong. Maksud gue, misalnya gue duduk di I9, nah di seberang gue kursinya harus ada orangnya. Kalo ga, gue jadi parno sendiri, apalagi kalo nontonnya film horror. Banyak kan? Film horror yang suka nayangin hantunya di pojok ruangan atau ga di kursi-kursi yang kosong? Soal film horror, ada film yang adegan yang gue suka banget. Gue ga akan nyebutin filmnya apa. Kali ini bukan gara-gara gue ga mau  promosi, tapi gue lupa judul filmnya. Nanti gue salah kaprah.
Di adegan film itu, gue ngeliat hantunya, yaitu kuntilanak, lagi nyender di pojokan sambil popotoan. Gila! Hantunya eksis abis. Masa dia moto diri sendiri sambil senyum? Gue salut sama sutradanya! Kayanya dia bener-bener bisa ngebayangin apa yang dikasih sama produsernya. Terus gue juga seneng kalo ngeliat adegan kuntilanak lagi mangap. Actually, biasanya kan kuntilanak ngomong “hihihi”, tapi biasanya kalo mangap kuntilanak ga bakal mungkin nyebut “hihihi” lagi kan? Soalnya gue paling ga suka sama hal yang biasa. Bosen!
Gue paling suka nonton di bioskop yang ga terlalu penuh, ya  tapi jangan kosong-kosong juga. Teori gue, kalo mau  nonton di bioskop yang agak terkenal, gue harus pesen tiket dulu biar setidaknya gue duduk dibangku yang enak buat nonton. Jangan terlalu pojok, juga jangan terlalu deket AC, soalnya, kalo kita kedinginan, kita jadi gampang pengen buang air kecil. Kalo gue buang air kecilnya pas lagi adegan yang emang jelek sih ga apa-apa, tapi kalo lagi bagian romantic atau sedih gimana? Gue langsung muter otak. Disini, gue gam au dibuat kesel sama hal yang ga penting. Jadi, sebelum masuk ke studionya, gue nanya dulu ke Mba-mba yang ngasihin tiket, “mba, kalo AC di studio 1 di bagian mana ya? Kalo di L10 apa ga terlalu deket sama layar? Mba, kapan gue bisa dapet diskon ya? ” Nah, keliatannya si mba mulai galau soalnya pertanyaan gue gitu semua. Si mba yang awalnya senyum, raut mukanya langsung berubah jadi suram. Maaf ya mba! Gue ga ada maksud buat nyiksa mental mba dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Gue Cuma mau yang terbaik buat masa depan gue 2 jam kedepan.
Di bioskop mana pun, gue suka nyari-nyari tempat duduk paling pinggir. Gue gam au ditengah, susah lewatnya. Selain itu, kalo gue duduk di pinggir, gue masih bisa ngeliat kebelakang tanpa harus muter leher sampe 90 derajat, kadang-kadang suka banyak orang yang comment sama adegan-adegan yang berlebihan atau adegan-adegan yang emang ga disengaja. Itu ngebuat gue ga bisa menghayati isi film. Apalagi kalo film itu film –film remaja. Gue suka ngedenger banyar commentar yang beragam tentang tuh film.
Hal yang paling suka gue liat disela-sela adegan jelek di film yang diputar di bioskop, gue suka ngeliat mba-mba yang jaga pintu masuk studio lagi numpang nonton film. Emang sih gue ga selalu ngeliatnya. Soalnya kadang-kadang gue duduk ditempat yang agak tinggi. Gue berpikir dalem hati, kayanya enak ya bisa nonton film gratis, lumayan kan? Ga usah beli tiket masuknya. Tapi di sisi lain gue juga kasian soalnya dia ga duduk-duduk! Daritadi berdiri aja… Sabar ya! Ku tau itu berat…
Waktu itu gue lagi nonton film yang romantic. Mungkin waktu itu gue tekat mesen tiket, jadi gue kebagian kursi depan yang deket sama layar. Karena waktu itu gue bosen ngeliatin si artis sama aktornya ngomong mulu, gue ga sengaja ngeliat penjaga pintu. Ternyata disela-sela kerjanya mengawasi pintu, dia nonton film, tapi gue masih ga mikir macem-macem, gue anggap dia itu cuma mau ngilangin rasa kangennya ke suami atau pacarnya. Ternyata firasat gue bener! Tapi bukan firasat tentang mba yang tadi, tapi firasat pengen pipis!
Gara-gara ga tahan sama keinginan gue diatas, gue langsung cabut ke WC tanpa piker panjang. Tapi sialnya, wcnya bau! Gue berpikir dalem hati, “ni bioskop kok bisa laku ya? Padahal pelayanannya jelek banget!” karena gue ga tega nyiumnya, gue buru-buru. Dan… APES! Gue ternyata ga mau kencing aja. Gue juga mau, ya, itu lah! Kalian pasti tau!  Temennya pipis sama kakaknya kentut. Gue agak cepeet-cepet waktu itu. Disini, gue belajar ga boleh ceroboh. Tapi keadaan memaksa! Gue harus cepet-cepet biar ga ketinggalan filmnnya. Soalnya, filmnya udah dua per tiga jalan, ditambah tadi gue ke WC dulu. Dan gara-gara gue buru-buru, gue dapet hadiah dari WC, yaitu air! Celana gue jadi basah! Dan basahnya ga sedikit! Aduh gimana nih? Kalo pulang sekarang gue ga bisa pamerin fim yang udah gue tonton hari ini, jangan-jangan nanti gue dikira Cuma ngeliat Info filmnya di majalah. Jadi gue putusin buat  nanggung malu karena celana gue basah biar bisa nonton film. Filmnya berakhir kuarang lebih 15 menit kemudian, tapi celana gue masih basah. Sial! Gue laper lagi! Tapi kali ini gue harus nyari tisu dulu dan nyoba ngilangin rasa laper gue dengan permen yang gue taro disaku. Alasan lain adalah, gue ga punya uangbanyak-banyak. Apalagi bensin habis, jadi gue harus ngorbanin perut gue. Yang penting, gue bisa narsis di depan temen-temen.
Emang, kalo kits, khususnya gue, nonton film lebih dulu dari yang lain, punya kebanggan tersendiri. Gue paling ga suka sama keterlambatan, apalagi terlambat dalam hal yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar