Image by Febz - Edit Image Alay dan jejemon beda tipis | Shattered Stories ~ Shattered Stories

Pages

Minggu, 01 Juli 2012

Alay dan jejemon beda tipis | Shattered Stories

Eh,kalian bosen nggak sih liat postingan ku yang isinya galauan melulu? bosen kan yaa? *aku aja juga bosen-_-. Dan postingan hari ini, aku mau ngasih refreshing buat kalian =)). Aku mau nulis artikel tentan fenomena "overdosis perilaku pada remaja Indonesia" yang biasa disebut 4L4y (Alay). Ya kalian tau kan gimana perilaku anak alay? yang identik dengan ketikan sms kaya plat nomor kendaraan. Nah, ternyata aku malah baru tau, kalo ternyata di fillipina juga ada fenomena kayak gitu. Namanya "Jejemon". Ya, hampir sama lah sama jejemon indonesia. Tapi ada yang lebih identik pada seorang jejemon. Jadi, tidak hanya tulisan yang kaya plat nomor kendaraan, tapi juga kata "Hehehe" yang artinya ketawa, menjadi "Jejejeje". Bahkan tidak hanya pada tulisan, tetapi juga fashion dan gaya foto. Ya, tidak jauh berbeda dengan para Alay-ers indonesia. Tapi, sekarang mulai muncul istilah baru untuk anak Alay di Indonesia yaitu "Kamsepay" yang artinya KAMpungan SEkali Udik dan PAYah. Tapi, sebenernya bukan lebih ke perilaku, tapi lebih ke pengetahuan yang kurang pada anak kamseupay atau nama gampangnya jadul.


Sebenarnya di Indonesia, banyak pengembangan-pengembangan bahasa. Contoh "Bahasa Prokem Indonesia" bahasa prokem lebih ke "sandi rahasia". Jadi, setiap daerah di Indonesia punya "sandi rahasia" sendiri-sendiri. Misal di Yogyakarta, kata dagadu itu arti sebenarnya adalah matamu. Di ambil dari peloncatan aksara jawa pada setiap huruf tersebut. Gampangnya gini deh, kata da bila diloncat satu aksara menjadi ma dan begitu seterusnya.


Ya, kalau boleh jujur aku dulu juga pernah alay sih._. tapi alhamdulillah sekarang sudah lumayan sembuh=)). Memang, dulu waktu aku masih alay, aku juga merasa biasa aja, merasa nggak terlecehkan. Tapi mulai sekarang aku malah lebih seneng menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadi, buat kalian yang merasa mendes dan gondes (mendes: alayers cewek, gondes: alayers cowok) yang masih mearasa menggunakan huruf plat nomor, segeralah menuju jalan yang benar. Karena kalo boleh jujur, tulisan kalian cukup mengganggu, dan sulit di baca. Oh ya segini dulu ya, kalo ada salah kata mohon maaf;)). Nggak bermaksut apa-apa kok, cuman buat ser-seru an aja kok=)).


Buat penutup ini aku kasih sedikit bingkisan :))


Contoh sms Alay =))



Contoh Jejemon =))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Image by Febz - Edit Image