Pages

Kamis, 17 Februari 2011

Rant: Internet :D | Shattered Stories

Posting berhubungan dengan internet,  gue bakal ngasih tau account-account gue. Soalnya ini berhubungan erat sama  sama apa yang gue bakal terangin! Mau  tau  ga?  Kalo iya bakal gue tulis dibawah ini:
1.      Facebook         : Dirahasiakan
2.      Youtube          : gue udah punya tapi belum pernah buat video, jadi gue ga kasih tau
3.      Yahoo             : zetshedgehog@Ymail.com
4.      Gmail              : zetshedgehog@Gmail.com

Setelah baca bab ini, minimal kalian harus follow gue ditwitter. Atau ga add temen di facebook aja deh!
         
            Internet udah jadi sebagian dari hidup gue. Kalo gue, dalam seminggu bisa inmternetan lebih dari 10 jam. Itu juga ag atermasuk waktu gue buat nulis buku ini. Jadi, 10 jam itu gue bagi-bagi secara tidak rata. Jadi, 3-4 jam gue pake buat main game, 5 jam gue pake buat chating, update status, update tweet, dll, sisa waktunya, gue pake buat nyari lowongan pekerjaan online (maklum soalnya gue freelance), baca komik online,  browaing dan download-download gitu.
Berhubungan dengan facebook, gue bakal ngasih tau  rahasia gue!  Stttt! Mungkin kalian nganggap ini penting. Kalian tau kan? Ada beberapa jejaring social yang nyimpen kata-kata “be tricky” , di dekat kolom password. Nah sekarang gue bakal ngejelasin panjang lebar tentang masalah ini. Yaitu, tantang masalah password.  Mau  tau ga password gue? Ini nih!          Adayang bisa baca? Itu password gue buat satu facebook dan email yang gue ga sebutin disini. Password itu adalah spasi 8 kali. Password yang gue gunain tadi adalah hasil mikir gue sendiri! Gue ga copas! Selain yang spasi 8 kali tadi, gue bakal ngasih ide-ide menarik lainnya yang bisa kalian modifikasi buat dijadiin  password account kalian.
1.      Ini sih password yang jenisnya sama kaya yang tadi, yaitu password symbol, kalau kalian pengin ngegunain jenis yang ini, kalian ga usah harus make spasi aja kok, kalian juga boleh pake symbol yang lain, tapi, kalo soal password dengan digit diulang, jangan pake angka, gampang ketauan
2.      Kalian bisa pake password yang ada kata-kata “aku ” atau ”namaku”
3.      Yang ketiga, pake inisial nama kalian dalam bentuk angka , misalnya gue NFS, berarti passwordnya jadi 140619, kalau password 6 digit masih kurang, kalian bisa menambahkan lagi dengan angka-angka yang kalian sukai
4.      Untuk jejaring social yang menggunakan username, seperti twitter dan facebook (facebook juga menggunakan user name sebagai alamat profile) password bisa dibuat dengan menggunakan nama username tersebut, misalnya “zetshedgehog”
5.      Buatlah password yang ga akan diduga-duga, misalnya tentang sesuatu yang kamu ga suka, misalnya “buahmelon” kalo lo bukan tukang jualan buah, ga akan ada yang nyangka “buahmelon ” itu password lo.
Nah? Berani coba? Tapi inget! Jangan kasih tau siapa-siapa tentang password lo! Nanti lo di hack. Mungkin lo ga tau, rasanya di hack itu sakittt banget! Dalem! Gue diejek-ejek gara-gara gue pernah dihack. Dan lagi, semua kebanggan dan prestasi yang gue buat selama ini, menghilang begitu saja, ya emang buat beberapa orang prestasi gue ga penting soalnya prestasi yang gue buat itu dibidang game. Taoi gue bangga dengan diri gue sendiri. Mungkin, ga banyak orang yang bisa nulis buku sambil main game, beda kaya gue.
            Banyak banget pengalaman mgue tentang internet. Disatu sisi, gue selalu kangen sama internet. Internet udah gue anggep sebagai simpenan gue. Kalo gue lagi marahan sama pacar gue, gue langsung curhat diblog atau  frontal di twitter. Kadang-kadang, lebih enak buat curhat sama orang yang ga kita kenal, soalnya kalo dia comel juga, orang yang ngedenger comelannya ga akan tau gue siapa… Santei aja!
            Internet memang hebat ya! Sekarang, sekolah-sekolah aja udah punya hot spot (dari dulu juga udah kali!). tapi ada lebih yang ngebuat gue kagum banget sama internet,  tau ga, ada rumah makan yang kecil. Kaya kantin gitu. Menunya bebek bakar, tapi hotspot! Waw! Hebat ya! Inilah kehidupan modern dengan internet. Maksud gue, kok bisa ya, kantin yang biasanya di beli sama anak-anak ada hotspotnya. Buat ngetest, ternyata beneran ada wifinya. Tau ga kalo wifi tuh kan sebulannya mahal. Sedangkan kalo ada yang jajan disitu, paling banyak juga Cuma 10.000 kok! Gue salut sama yang punya. Hebat banget ya punya ide kaya gitu. Mungkin bisa gue terapkan kalo gue udah punya toko sendiri.  Tapi kalo lo juga mau ikutan bikin fasilitas hotspot, jangan asal milih. Toko yang gue maksud adalah toko kaya kantin tadi. Kalo kantin, kita kan ga usah mikirin gimana cara mereka duduk, beda sama restoran. Gimana kalo udah ad a yang selesai makan, terus masih enak-enak aja internetan. Nanti gue bangkrut! Bangkrut! Apalagi kalo yang beli Cuma sedikit, kalp gitu mending gue buka usaha warnet aja deh! Kebih terjamin.
            Ngomong-ngomong soal warnet. Kalian ga boleh salah milih. Warnet juga hal yang penting dalam dunia internet. Soalnya kalo ga ada warnet, orang-orang yang ga punya internet ga akan bisa berhubungan sama dunia yang luas. Sekarang aja ya, banyak guru-guru SD sama SMP yang nyuruh muridnya buat nyari tugas di Internet. Dan kalo emang warnet ga ada, bagaimana nasib mereka? Gue sih emang ga kenal sama mereka, tapi gue kan masih punya hati nurani (eaaaa).
Warnet itu udah kaya seper dua puluh hidup gue. Soalnya, gue juga harus ke warnet! Minimal 1 bulan ada 4 sampai 10 kali lah! Itu baru berapa kali ke warnetnya. Belum berapa lama waktu sekali di warnet. Kalo masalah itu sih tergantung apa yang lagi gue butuhin. Biasanya, kalo gue emang butuh browser yang cepet, gue nyari warnet yang kosong. Soalnya kalo sepi, gue jadi lebih bisa konsentrasi dan focus sama pekerjaan gue, tapi kalo banyak orang kan suka rebut, jadi gue suka ga focus, bisa aja akn gue jadi lupa sama apa yang gue cari. Beda lagi dengan saat santai, gue ga perlu jual mahal pandangan gue tentang warnet. Asal warnetnya LCD lebih dari 15 Inch, ga apa-apa! Asal gue bisa bermain dengan puas.
Kalo kalian mau main Facebook atau apapun yang menggunakan password, ingat jangan pernah mensave password di warnet. Soalnya itu membantu Hacker-hacker yang suka numpang ngehack di warnet mengincar account kalian. Bila perlu kalian harus meningkatkan kualitas keamanan kalian. Gue tau rasanya ngehack. Enak lagi, apalagi kalo lo gamer, dan begitu liat level-level game di account itu tinggi, pasti lo ngerasa super gembira atau malah ingin menghapus accountnya agar tidak mengganggu level-level kita. Oh, iya, gue juga pernah tau rasanya di Hack, Rasanya, sakit! nyeredet banget lah! Apalagi waktu  itu si hacker comment yang enggak-engagak, untung aja gue ga kenal sama orang yang dia ajak ngomong. Game di account terhapus,dan kita pasti berpikir, “berarti waktu yang gue buang untuk game ini ternbuang sia-sia. Mending kalo di hacknya Cuma diganti password. Tapi ini mah di non active. Jadi gue ga bisa ngeliat atau ngebuka FB gue lagi. Jadi gue minta kalian untuk hati-hati ngadepin ini. Soalnya diluar sana banyak hacker-hecker licik. Emang sih gue pernah ngehack, tapinya cuma ngehack game doing. Ga pernah ada niat buat ngehack facebook, twitter, dan jejaring social yang lain.
Selain masalah hack-hackan. Selain itu gue bakal ngomongin masalah yang agak-agak serius yaitu tentang masalah SPAM. Kalian tau arti SPAM. Gue juga sama, gue ga tau arti pastinya. Yang gue tau itu maksudnya kiriman SAMPAH! Di sini, gue bakal pake huruf capital biar lebih gampang dibaca. Di bilang SAMPAH karena isinya ga bermanfaat. Soalnya kadang-kadang banyak SPAM-SPAM kaya tweet, kalo di twitter. Si SPAMMER, orang yang suka membuat SPAM, nah! Pertama, dia akan menandai username si korban, terus dia kasih link yang aneh! Tapi jangan pernah ngeklik link itu,soalnya isinya kadang-kadang bisa bahaya. Untuk di Facebook, modusnya banyak sekali! Mulai dari chat, kiriman wall, komentar, bahkan saat chat di game.
Gue masih bingung nih! Kalo SPAM artinya SAMPAH  berarti SPAMMER orang SAMPAH dong? Atau orang buangan? Ah! Udah lah! Itu ga penting dan mungkin bisa disebut SPAM. Dunia perinternetan  (bahasa dari mana tuh?) emang sulit untuk dijelaskan. Orang bisa kaya gara-gara internet. Dan orang juga bisa miskin gara-gara warnet.. Tapi gue yakin, kalian yang lagi baca buku ini pasti punya pengalaman tentang internet. Ya walaupun pengalamannya ga seru,itu masih bisa disebut sebagai “pengalaman internet”. Bertahun-tahun gue menjelajahi internet, gue mendapat temen-temen baru. Baik dari dunia asli, atau temen yang sebenernya ga ada di REAL LIFE, temen –temen yang kaya gitu lah yang gue maksud dengan google, yahoo, youtube dan sebagainya. Kadang-kadang, mereka suka ngehibur hati gue. Soalnya, banyak hal yang bisa ngebuat gue ngakak. Misalnya, video-video lucu, komik-komik ngakak, sampe tips-tips yang  bisa ngebuat gue lebih bijak.
Gue salut sama internet! Jaman segini aja udah murah! Gue sih emang ga tau banyak soal warnet. Sekarang aja udah ada warnet yang perjamnya 2000, gimana 10 tahun kedepan ya? Mungkin internet udah jadi kebutuhan umum! Ya sebanding sama nasi. Tapi sedikit ini lebih penting. Tapi, jangan salah! Masih banyak juga kejahatan yang terjadi di dunia internet! Lo tau kan? Banyak penculikan? Terus banyak penipuan transfer? Gue ga tahan liat yang kaya gitu.Cape woy! Kata gue sih, orang-orang yang perlu dicurigain bukan orang-orang yang aneh! Tapi orang-orang yang keliatannya menarik. Ya, mungkin aja si penculik atau penipu ngebuat account dengan avatar atau profile picture yang menarik. Agar dengan mudahnya bisa diconfirm, setelah itu mereka menggunggu pemilik asli account itu online, dan menyerangnya. Jika pemilik account tak kunjung online, pasti mereka ngirimin coretan ke wall si pemilik agar bisa berkomunikasi. Dan terjadilah WTW yang seru. Diakhir percakapan mereka pasti akan mempromosikan sesuatu (jika penipuan) agar mereka bisa menerima sejumlah  uang dari si pemilik account. Dan jika penculikan, mereka akan mengajak si pemilik account untuk bertemu.
Waw! Bahasa gue di atas baku banget ya! Gue aja agak bingung, kok kaya berita? Tapi uah lah! Itu bukan masalah besar kok! Yang penting kelian ngerti apa yang gue omongin dan jangan sampai ketipu sama penipu. Tapi, kayanya apa yang udah gue omongin agak melenceng sedikit sama bab ini.
Selain twitter dan facebook, banyak jejaring social yang lain, misalnya heello, gue sih belum punya, soalnya agak-agak ga ngerti gimana gitu. Katanya sih, pembuatnya itu adalah pembuat twitpic, itu loh! Aplikasi yang buat twitter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar