Image by Febz - Edit Image Indeks buku materi kelas 9 | Shattered Stories ~ Shattered Stories

Pages

Minggu, 19 Mei 2013

Indeks buku materi kelas 9 | Shattered Stories


INDEKS

a. Pengertian Halaman Indeks
Halaman indeks lebih dikenal dengan sebutan halaman penunjuk kata. Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku (biasanya di akhir bagian buku) tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah tersebut ditemukan. Macammacam indeks antara lain indeks kata, pengarang, topik, dan sebagainya.
Tidak semua jenis buku menggunakan halaman indeks. Hanya buku ilmiah atau nonfiksi yang menggunakan halaman indeks, seperti buku pelajaran, modul, ensiklopedi, ilmiah, dan lainlain.

Halaman indeks bertujuan membantu pembaca menemukan istilah yang digunakan dalam buku tersebut. Dengan indeks, kamu dapat melihat tempat atau letak istilah itu digunakan beserta dengan jumlah pemakaiannya. Halaman indeks memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Kata atau istilah disusun secara alfabetis (menurut abjad A-Z).
2. Sebelah kanan halaman indeks menunjukkan letak kata atau istilah digunakan. Semakin sering digunakan, semakin banyak nomor halaman yang ditulis.
3. Halaman indeks tidak mencantumkan makna kata, tetapi hanya menunjukkan letak atau halaman istilah itu digunakan.
4. Apabila diikuti dengan beberapa kata, biasanya diletakkan di bawah kata pokok ditulis menjorok lebih kurang 1 cm.

Perhatikan contoh halaman indeks di bawah ini. Data diambil dari buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga halaman 475. Misalnya kamu akan mencari kata adjektiva dasar.

b. Menemukan Informasi dari Halaman Indeks dengan Membaca Memindai
Kini kamu telah paham mengenai halaman indeks, cara membaca indeks, dan menemukan letaknya. Selanjutnya, sekarang cobalah mencari informasi dalam halaman indeks secara cepat dan tepat. Mencari informasi dalam halaman indeks biasanya dilakukan dengan membaca memindai (scanning). Membaca memindai adalah teknik membaca untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat tanpa memperhatikan materi yang lain. Jadi, yang diutamakan dalam membaca memindai informasi pokoknya saja.

c. Cara membuat indeks manual
Sebuah index buku dibutuhkan untuk memudahkan pemahaman arti kata yang tercantum pada halaman buku. Susunan indeks biasanya di-sort berdasarkan abjad ataupun simbol tertentu. Halaman yang berisikan kata-kata yang terindeks pun tercantum lengkap dalam susunan tersebut.
Pembuatan indeks secara manual dengan melihat satu per satu halaman buku, tidaklah efektif diterapkan pada halaman yang jumlahnya banyak. Hal tersebut masih memungkinkan untuk diatasi dengan penggunaan aplikasi Index Author. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini khusus pembuatan index yang memungkinkan penggunanya dapat menambahkan kata index dengan kriteria tertentu, misalnya panjang kata, meniadakan upper ataupun lower words, dan mendefinisikan white list ataupun black list.
Melalui aplikasi ini, anda tak hanya dapat membuat sebuah index yang berasal dari sebuah file. Namun, juga dapat memilih beberapa file pada waktu bersamaan untuk menghasilkan sebuah indeks HTML ataupun menulis sebuah indeks keyword yang berasal dari koleksi filE
Membaca Memindai Indeks Buku
Kemampuan apa yang harus kamu kuasai?
Setelah mempelajari materi dalam kompetensi dasar ini kamu diharapkan dapat: Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dalam buku melaluihalaman indeks.
Informasi atau penjelasan kata tertentu dalam buku yang relatif tebaldapat ditemukan dengan cepat dengan teknik membaca memindai melaluiindeks. Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalambuku, iasanya terletak di bagian akhir buku tersusun menurut abjad yangmemberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah ituditemukan.
adalah suatu teknik membaca untuk menemukaninformasi dari bacaan secara cepat, dengan cara menyapu kata demi katadan dan halaman demi halaman secara merata. Mata bergerak cepat,meloncat-loncat, dan melihat kata demi kata. Setelah menemukan bagianyang dibutuhkan, gerakan mata berhenti. Selanjutnya informasi yangdibutuhkan dicermati

Aspek Membaca
Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan dan membaca     memindai
Kompetensi Dasar
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku         melalui kegiatan membaca  memindai
INDEKS
A
Abernathy, Rob. 137
afirmasi: poster, 69; dampak, 28-30
alami : definisi, 10; mempraktikkan,90
alat bantu, 70
alfa, Keadaan, 173-175
Allen, Carole, 48,53
apologi empat-bagian, 203-204
B
Bandler, Richard, 4, 84
Bandura, Albert, 20
barok, musik, 73-75
belajar: pemercepatan, 5;
bercerita, 187-188
berpikir linguistik-verbal, 97
C
Cain, Geoggrrey, 156
Catatan Cornell, 178
catatan: TS, 178-180
Csikszentmihalyi,Mihaly, 23
D
Damasio, Antonio, 151-176
delapan Kunci Keunggulan: Definisi, 47-52
demonstrasikan : definisi, 10
Dilts, Robert, 68
Driscoll,Mary, 47
Sumber : halaman indeks Quantum Teaching, Bobi de Potter
Sepintas, seolah-olah halaman akhir sebuah buku seperti contoh di atas tak memiliki kegunaan. Indeks tampaknya hanya berupa deretan kata atau istilah atau nama tokoh yang diikuti angka-angka. Namun demikian, ternyata halaman tersebut cukup membantu manakala kita butuh mengetahui sebuah definisi, penggunaan istilah atau nama tokoh dalam sebuah buku. Halaman itu disebut halaman indeks.
Bagaimana menggunakan halaman indeks secara efektif? Teknik membaca untuk memanfaatkan halaman indeks mirip dengan penggunaan kamus, buku telepon, dan sebagainya. Keterampilan yang dibutuhkan untuk menunjang penggunaan buku indeks adalah keterampilan membaca memindai. Teknik  membaca memindai akan memudahkan kalian dalam mencari makna kata. Dengan membaca memindai waktu yang digunakan lebih efisien. Dalam membaca memindai pembaca langsung menuju pada kata, istilah, dan nama yang ingin dicari pada teks. Jadi, membaca memindai dilakukan dengan sekilas dan cepat tetapi teliti dengan maksud menemukan dan memperoleh informasi tertentu atau fakta khusus dari sebuah bacaan (Tarigan, 1994:31).
Berikut ini disajikan sebuah daftar indeks. Guru akan menyebutkan kata atau istilah tertentu. Carilah pada buku indeks dengan cara memindai. Jika sudah menemukan, tuliskan nomor halaman dari kata, istilah atau nama yang disebutkan!
INDEKS

pembenaran, 198
pemercepatan pembelajar, 5
pemikiran kinestetik badan, 98
pemikiran spasial-visual, 97
pemimpin, 130-131
pemotongan, 149
penambatan, 133-138
pendengar, 150-151
penemu, 129-130
pengambilan resiko, 34-36
Q
quantum learning, 4, 164
quantum reader, tujuan, 184
quantum reading, 182-185
quantum teacher, 115
quantum teaching: Asas, 84
quantum, definisi, 5
R
Ragland, Marilyn, 57
rancangan:definisi, 15
rasa saling memiliki, 36-38
Raucsher, Frances H., 74
rayakan:bentuk, 31
Rose, Colin, 74, 165
S
Snyder, Steve, 174
spesifik, 122-123
stasiun kecerdasan, 99-100
strategi mengulang, 150
suasana hati, 14
sugesti, 103-104
super star, 165

sumber: beberapa sumber dengan diedit kembali

6 komentar:

 

Image by Febz - Edit Image