Image by Febz - Edit Image Thought on: ISFJ from the eyes of ENFP | Shattered Stories ~ Shattered Stories

Pages

Jumat, 04 Juli 2014

Thought on: ISFJ from the eyes of ENFP | Shattered Stories

Fungsi  kognitif

ISFJ
1st: Si (Introvert Sensing)
2nd: Fe (Extrovert Feeling)
3rd: Ti (Introvert Thinking)
4th: Ne (Extrovert Feeling)

ENFP
1st: Ne (Extrovert Intuition)
2nd: Fi (Introvert Feeling)
3rd: Te (Extrovert Thinking)
4th: Si (Introvert Sensing)

Dari fungsi kognitif, persamaan ISFJ dan ENFP terletakdi bagian yang paling inferior dimana Ne untuk ISTJ  dan  Si untuk ENFP. Sisanya, kedua tipe ini mempunyai cara yang beda  dalam mengeksekusi informasi.

Jika  dilihat, ISFJ  memiliki satu sifat yang sama seperti ISTJ, yaitu loyalitas yang tinggi. Berkebalikan dengan ENFP yang tidak mau diberi label. Aku melihat ISFJ memang pure baik dan mereka benar-benar membantu orang sepenuh hati.  Tapi terkadang sifat itu yang  membuat ENFP merasa guilty terhadap bantuan-bantuan ISFJ  karena mungkin, ISFJ sebagai introvert, tidak terlalu terbuka  dengan banyak orang sehingga ia tidak membuka membanyak informasi yang bisa dibantu oleh ENFP. ENFP sebagai orang yang suka membantu dan memotivasi pun tidak bisa melakukan tugasnya.

Sebagai teman, ISFJ... sering membantu. Mungkin memang kata kunci untuk ISFJ adalah  membantu. Mereka memikirkan perasaan orang lain (fungsi kedua yaitu Fe) daripada perasaan  mereka sendiri dan jarang sekali mengatakan "tidak" ketika  diminta bantuan. Sedikit mirip dengan  INFJ, mereka gentle soul  dan aku ga berani untuk mengambil keuntungan apapun dari mereka.

Fakta unik, aku pernah baca di satu  blog,  dimana katanya ISFJ bakal milih satu orang  sebagai teman mereka untuk "stick around" di suatu event. Aku tidak terlalu  mengerti kenapa mereka  memilih satu orang itu.  Tetapi memang benar faktanya bahwa mereka akan seperti itu.  Aku pernah merasakannya dan ternyata itu 100% benar.

Sama seperti ISTJ,  mereka juga memiliki  ingatan yang kuat karena fungsi pertamanya yaitu Si. Bisa dibilang juga bahwa ISFJ mematuhi banyak aturan dan komitmen-komitmen yang mereka buat. Memang yaa dom Si tuh:(


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Image by Febz - Edit Image