Image by Febz - Edit Image Thought on: ISTJ from the eyes of ENFP | Shattered Stories ~ Shattered Stories

Pages

Kamis, 03 Juli 2014

Thought on: ISTJ from the eyes of ENFP | Shattered Stories

Indonesian Post

ISTJ
1st: Si (Introvert Sensing)
2nd: Te (Extrovert Thinking)
3rd: Fi (Introvert Feeling)
4th: Ne (Extrovert Intuition)

ENFP
1st: Ne (Extrovert Intuition)
2nd: Fi (Introvert Feeling)
3rd: Te (Extrovert Thinking)
4th: Si (Introvert Sensing)

Secara literal, ISTJ memiliki fungsi kognitif yang urutannya terbalik dengan ENFP. Fungsi yang terbalik itu juga tidak menjamin ISTJ akan bisa akrab langsung dengan ENFP. Sebenernya ENFP bisa dibilang sebagai orang yang tidak mau  berkomitmen 100 % pada  sesuatu dan bisa dibilang  tidak loyal. Sifat yang jauh beda  dengan ISTJ.

Aku liat, ISTJ itu tipe yang serius dan selalu memberi totalitas pada apapun yang ia kerjakaan. Pokoknya mereka gabakal hidup tenang kecuali  semua tugas mereka selesei. Waw. Aku bisa bilang mereka jarang  memperlihatkan perasaan mereka. Profesional yap. Jikakita memberi tugas kepada ISTJ, jangan lupa harus  membuat tugas itu serinci mungkin. Atau, jangan kecapean ditanya terus-menerus oleh mereka. Mereka hanya ingin hasil terbaik dari tugas yang diberikan.

Dilihat dari sisi pertemanan, mereka baik kok, mau ngebantu dan hasil bantuannya pun baik. Tapi tetep kita tidak boleh memanfaatkan sifat ISTJ karena mereka bisa berbalik arah. Oh iya jangan ngerusak kepercayaan ISTJ juga, itu limited.

ISTJ, kadang-kadang susah moveon, itu karena fungsi Si mereka yang memang menjadi fungsi teratas.  Mereka mempunyai ingatan yang bagus terhadap sesuatu yang berhubungan  dengan masa lalu.  Misalnya, temen aku yang ISTJ, bisa mengingat apa yang aku ucapkan dan dimana, sedangkan aku hanya bisa mengingat bahwa aku telah mengucapkan hal tersebut. Makanya jangan bosan jika melihat nilai biologi ISTJ juga sering besar. Haha.

"Bukan orang yang suka menjadi trendsetter, ISTJ"  karena mereka tidak terlalu  suka  muncul ditengah banyak-banyak orang dan diperhatikan s etiap gerakannya. Mereka  sebagai  introvert tidak  akan nyaman. Terkadang  membuat cape. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Image by Febz - Edit Image