Image by Febz - Edit Image Thought on: ISTP from the eyes of ENFP | Shattered Stories ~ Shattered Stories

Pages

Kamis, 03 Juli 2014

Thought on: ISTP from the eyes of ENFP | Shattered Stories

Indonesian post

Nah sebelum mulai ke bagian thought on, aku bakal  ngasih liat secara singkat fungsi kognitif dari ISTP dan ENFP

ISTP:
1st: Ti (Introvert Thinking)
2nd: Se (Extrovert Sensing)
3rd: Ni (Introvert Intuition)
4th: Fe (Extrovert Feeling)

ENFP
1st: Ne (Extrovert Intuition)
2nd: Fi (Introvert Feeling)
3rd: Te (Extrovert Thinking)
4th: Si (Introvert Sensing)

Dari data diatas. Bisa dilihat, ISTP tidak mempunyai fungsi  apapun yang sama dengan ENFP. Fakta itu membuat ENFP  menjadi pribadi yang sangat-sangat jauh dengan ISTP. Aku, sebaggai ENFP, bakal  ngereview sisi general dari temen aku yang ISTP.

Pertama, Aku bisa bilang kalo mereka introvert yang punya standar dalam  milih temen. Ga sembarang orang mereka mau percaya dan ga semua orang juga bisa cocok sama mereka. Gara-gara mereka introvert, mereka emang jarang ngabisin waktu bareng orang dan punya mood "aing lagi mau diem, jangan ganggu aing" gitu. Bisa dibilang  salah satu tipe yang terjaim. Haha. Selain itu, ISTP, punya sisi survival yang kuat.  Somehow  mereka bisa menang dalam banyak hal yang bisa dimenangkan.  Probably tipe yang paling cocok dan bisa bertahan di zombie apocalypse. Mereka juga ahli dengan sesuatu yang memerlukan koordinasi bagian-bagian tubuh.

Karena mempunyaifungsi kognitif yang berbeda dengan ENFP, terkadang banyak terjadi perbedaan pendapat/pemikiran/perasaan. Ketika mendapat sebuah informasi, ENFP lebih memikirkan probabilitas  dengan informasi tersebut sedangkan ISTP menganalisisnya. Untuk jokes juga terkadang, jokes ISTP terlalu mengkritis untuk diterima ENFP. Tapi, untuk ENFP yang sudah lama mengenal ISTP, biasanya menganggap itu  sebagai hal biasa.

ISTP juga tipe yang jujur dalam  memberi  kritik dan saran. Jadi, jangan salahin ISTP  kalo mereka  menilai kalian  jelek. Karena mereka cuma jujur. Mereka juga bukan penjilat dan ga bakal ngebagus-bagusin kalian  kecuali kalo memang itu bagus.

Satu hal yang menarik  lagi  dari ISTP adalah mereka Fe, walaupun itu fungsi mereka yang paling terakhir,  tapi, mereka mempunyai Fe  dan peduli dengan perasaan orang  sekitar. Mereka tidak  mau menunjukkannya. Seperti yang  sudah aku bilang di atas, mereka  jaim. Tapi walaupun begitu, mereka akan  tetap  mengeluarkannya  jika memang dibutuhkan.

Untuk berteman dengan ISTP kamu butuh
- ideologi / kesukaan yang sama
- Ga buru-buru dan biarin mereka memutuskan untuk percaya ke kamu atau engga
- Jujur
- Rasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Image by Febz - Edit Image